Ubuntu Touch Google Nexus

Ubuntu dikenal sebagai sistem operasi desktop dan server open source. Dan kini perusahaan Canonical ini akan segera merilis sistem operasi mobile yang telah digarapnya. Ubuntu Touch siap hadir untuk Google Nexus bulan Oktober mendatang, tepatnya 17 Oktober 2012 sistem operasi mobile yang diberi nama Touch OS ini siap dipasang di perangkat Google Nexus.

Untuk saat ini Touch OS hanya dapat dijalankan pada devices Google Nexus. Diantaranya adalah Nexus 4, Nexus 7 dan Nexus 10. Tak ketinggalan Google Nexus sebelumnya, Samsung Galaxy Nexus juga dapat menjalankan Touch OS. Semua perangkat tersebut dirancang untuk menjalankan sistem operasi Android.

Agar Touch OS dapat berjalan di perangkat Google Nexus diatas, pengguna harus melakukan instalasi sendiri pada perangkat mereka. Dengan cara menghapus sistem operasi Android yang tertanam pada perangkat tersebut, dan kemudian melakukan flash Touch OS pada perangkat Google Nexus mereka.

Cara install Ubuntu Touch atau Touch OS pada perangkat Google Nexus ini tergolong rumit dan beresiko. Untuk itu pengguna awam tidak disarankan melakukan flash tanpa adanya pengalaman dan keberanian. Untuk tutorialnya sementara bisa lihat di wiki ubuntu (english version), untuk versi indonesianya tunggu saja, Android Gila akan segera posting.

Developer telah mengundang mereka yang ingin mencoba Ubuntu Touch di perangkat mereka. Dengan menginstall Touch OS di perangkat mereka kemudian melaporkan bugs yang ada ke pihak developer sebelum rilis versi final.

Apakah Ubuntu Touch ini hanya sebagai sistem operasi ‘hantu’ di perangkat yang dirancang menjalankan sistem operasi Android saja? Tidak sampai disitu saja sistem operasi Ubuntu Touch. Ponsel berbasis sistem operasi Ubuntu Touch ini akan segera dirilis pada awal 2014 mendatang.