Cara Root dan Install CWM Recovery Pada Galaxy Ace Plus S7500

Androidgila.com – Seluruh manusia pasti merasa ada saja rasa ketidak puasan. Contoh saja para pengguna android gila Galaxy Ace Plus S7500, mereka jika sudah terlalu lama menggunakan Stock ROM atau Official Firmware pastinya merasakan bosan dan akan mulai memodifikasi sistem operasi Android pada ponsel miliknya. Tak lain halnya melakukan Root dan Install CWM Recovery Pada Galaxy Ace Plus S7500 agar memiliki hak akses sepenuhnya dan memiliki Custom Recovery yang bisa mereka gunakan untuk mengaplikasikan Moded ataupun Custom ROM.

Custom ROM untuk Galaxy Ace Plus S7500 ini cukup banyak sekali tersedia, tinggal mana yang mereka suka. Untuk data yang Android Gila peroleh beberapa Custom ROM yang banyak diminati para pengguna Galaxy Ace Plus ialah CM10 dan CM10.1 Android 4.2.2 Jelly Bean dan Inspiration ROM yang masih berbasis Android 2.3.6 Gingerbread namun memiliki User Interface ala Galaxy S4 dengan TouchWiz. Untuk Custom ROM yang lainnya tentu masih banyak lagi yang belum sempat Android Gila berikan tutorialnya.

Cara Root dan Install CWM Recovery Pada Galaxy Ace Plus S7500

Sebelum melanjutkan cara root dan install CWM Recovery pada Galaxy Ace Plus S7500 sebaiknya agar melakukan backup data penting pada ponsel yang akan Android Gila tuntun caranya.

Peringatan : Semua Custom ROM dan Official Firmware/Stock ROM, Aplikasi, tools, modifikasi, serta update software adalah tanggung jawab pemilik atau pengembang. Android Gila disini hanya memberikan tutorialnya saja, dan Android Gila tidak memaksa kamu mengikuti tutorial ini jika tidak yakin.

Persiapan Root dan Install CWM Recovery Pada Galaxy Ace Plus S7500

  • Download dan Instal driver USB Samsung Galaxy Ace Plus S7500, untuk mentransfer file antara perangkat Android dan komputer.
  • Aktifkan mode USB Debugging pada Galaxy Ace Plus S7500 untuk menghubungkan perangkat Android dengan komputer dan menggunakan SDK Android.(Cara Mengaktifkan Mode USB Debugging Pada Perangkat Android).
  • Tutorial ini mungkin menghapus semua data pada ponsel, backup data yang diarasa penting. Kamu bisa backup menggunakan tools backup yang tersedia di Playstore.
  • Galaxy Ace Plus S7500 harus memiliki daya baterai di atas 80%.
  • Galaxy Ace Plus S7500 harus factory unlocked dan tidak terkunci ke operator tertentu saja.

Cara Root dan Install CWM Recovery Pada Galaxy Ace Plus S7500

Langkah 1 – Download Odin3 dan extract.

Langkah 2 – Download cwm-trebon.tar.md5 dan Superuser-3.1.3-arm-signed.zip.

Langkah 3 – Salin “Superuser-3.1.3-arm-signed.zip” ke dalam kartu memori.

Langkah 4 – MatikanGalaxy Ace Plus dan masuk ke Download Mode dengan menekan dan menahanVolume Down + Menu + Power bersamaan.

Langkah 5 – Jalankan Odin Multi Downloader yang sudah didownload tadi pada komputer

Langkah 6 – Colokkan kabel USB pada Galaxy Ace Plus kamu untuk menghubungkannya dengan komputer. Sebuah pesan yang mengatakan “Added” akan tampil di bawah kotak pesan Odin. Kamu juga harus melihat COM port dengan nomor dibagian yang berwarna kuning jika perangkat berhasil tersambung

Catatan : Jika Anda tidak melihat pesan “Added”, kemudian coba port USB lain. Jika itu masih tetap sama silahkan instal ulang driver USB.

Langkah 7 – Pada jendela Odin, hilangkan tanda centang kecuali Auto Reboot dan F. reset Time.

Langkah 8 – Klik tombol “PDA” dan pilih file tar.md5 (cwm-trebon.tar.md5).

Langkah 9 – Klik tombol Start di Odin.

Langkah 10 – Setelah proses instalasi selesai, Kamu akan melihat pesan “Pass” dengan latar belakang hijau di kotak paling kiri di bagian atas Odin. Galaxy Ace Plus S7500 kamu akan secara otomatis reboot dan kamu segera bisa melihat logo Samsung. Anda bisa dengan aman mencabut kabel USB dari ponsel untuk melepaskannya dari komputer

Peringatan : Jika alaxy Ace Plus S7500 terjebak di booting animasi (setelah langkah-10) kemudian masuk ke recovery mode dan melakukan langkah tambahan dengan memilih Wipe Cache dan masuk Advanced -> Wipe Dalvik Cache dan kemudian pilih System Reboot now.

Langkah 11 – Ketika Galaxy Ace Plus S7500 sudah menyala silahkan Reboot ke CWM Recovery Mode atau matikan Galaxy Ace Plus kemudian nyalakan dengan menekan dan tahan Volume UP + Down + Menu + Power.

Langkah 12 – Dalam Recovery Mode , pilih Install zip from sdcard kemudian choose zip from sdcard. Kemudian arahkan ke file “Superuser-3.1.3-arm-signed.zip” yang sudah di download dan di salin ke kartu memori tadi. Pilih menggunakan tombol Menu/Power dan mengkonfirmasi instalasi dengan memilih Yes pada tampilan berikutnya.

Langkah 14 – Pilih “System Reboot Now”.

Cukup sampai disini cara root dan install CWM Recovery pada Galaxy Ace Plus S7500 karena langkah – langkah root dan install CWM Recovery telah kalian lalui dan Galaxy Ace Plus kalian sudah terpasang CWM Recovery dan dalam keadaan sudah di root. Bagaimana cara mengeceknya? Baca cara mengetahui apakah ponsel Android sudah di root atau belum.