Kembali lagi bersama Android Gila yang sudah lama tidak membuat tutorial gila. Kali ini Android Gila akan membuatka tutorial gila yaitu cara upgrade Xiaomi Redmi 2 Ke Android 10 Terbaru ya. Pasti kalian semua kaget jika memang menggunakan HP Android dari Xiaomi ini sedari baru rilis. Atau setidaknya kalian tahu kapan Xiaomi Redmi 2 ini dirilis. Ada yang tahu kapan Xiaomi Redmi 2 ini rilis?

Xiaomi Redmi 2 ini dirilis tahun pada tahun 2015 dan pada tahun itu merupakan HP Android murah yang laris manis karena performanya yang tidak bisa diragukan juga untuk kegunaan sehari-hari. Pada tahun 2015 Xiaomi Redmi 2 ini menjalankan sistem operasi Android 4.4.4 Kitkat yang dibalut dengan custom ROM dari Xiaomi yaitu MIUI. Untuk versi MIUI Redmi 2 waktu itu masih menggunakan versi 6.0. Ada yang tahu sekarang Redmi 8 terbaru menggunakan MIUI versi berapa?

Sudah sekitar 5 tahun saat artikel ini ditulis umur Redmi 2 ini. Namun para pengembang software masih melanjutkan update sistem operasi Android terbaru untuk Redmi 2 dari Xiaomi ini. Android Gila menemukan informasi yang bisa membuat para pengguna HP Android dari Xiaomi ini bahagia, karena bisa mencicipi sistem operasi Android 10 terbaru di Redmi 2.

Bagaimana Cara Upgrade Xiaomi Redmi 2 Ke Android 10?

Santai dulu, tetapi disini Android Gila perlu beritahu terlebih dahulu sebelum kalian loncat ke tutorial cara upgrade Xiaomi Redmi 2 ke Android 10, kalian harus baca secara urut artikel ini. Kenapa begitu? Karena jika kalian melewatkan poin penting yang Android Gila berikan bisa menimbulkan masalah pada Xiaomi Redmi 2 kalian pada saat proses upgrade ke Android 10.

Sebelum melanjutkan ketahap berikutnya sebaiknya kalian ketahui terlebih dahulu apa saja fitur yang tersedia pada Android 10 untuk Xiaomi Redmi 2 ini.

  • Custom RGB/HSL QS background colors and opacity
  • Advanced reboot
  • Double tap status bar to sleep
  • Custom RGB/HSL accent picker for dark/light themes
  • Custom icon shapes and icon pack support
  • POSP logo in statusbar
  • 4G/VoLTE icon on status bar
  • Lockscreen media art blur level
  • Permission hub
  • Signature spoofing
  • Custom height for new Q nav gestures
  • Improved AOD ambient play ticker
  • Three mode Notch Handler (Notch-City)
  • QS rows/column numbers
  • Pre-P style mobile data icon
  • Network speed indicator (OOS style)

Setelah membaca fitur diatas pasti kalian sudah bisa menebak bahwa untuk tutorial cara upgrade xiaomi redmi 2 ke Android 10 ini adalah menggunakan custom ROM dari POSP. Ya salah satu custom ROM yang mengembangkan Android 10 terbaru ini untuk HP Android lawas dari Xiaomi.

Masih tertarik untuk upgrade xiaomi redmi 2 kalian ke Android 10 terbaru? Jika iya silahkan lanjutkan bacanya karena kalian akan membaca poin penting berikutnya sebelum melakukan upgrade ke custom rom POSP berbasis Android 10 terbaru.

Custom ROM dari POSP ini sama layaknya MIUI pada Xiaomi. MIUI ini sebenarnya juga sebuah custom ROM yang dibuat oleh Xiaomi untuk HP Android miliknya.

Apa perbedaan POSP dan MIUI?

POSP berbasis Android murni dari Google yang dimodifikasi mulai dari fitur dan tampilannya. Namun untuk segi tampilan masih terlihat seperti Android murni, tidak seperti MIUI yang merombak total tampilan dari Android yang dirilis oleh Google.

Fitur yang diberikan custom rom POSP ini juga tak kalah keren dan kalian sudah baca pada poin fitur Android 10 untuk Xiaomi Redmi 2 diatas.

Untuk kalian yang penasaran bagaimana tampilan sistem operasi Android 10 dari POSP ini bisa lihat screenshot dibawah ini.

Berikut tampilan Android 10 pada Xiaomi Redmi 2 yang menggunakan POSP :

Bagaimana terlihat keren kan sistem operasi Android 10 ini juga terinstall di Xiaomi Redmi 2 kalian. Mari lanjutkan membacanya sebelum proses upgrade Xiaomi Redmi 2 ke Android 10.

Karena ini bukan MIUI sehingga aplikasi Default Updater tidak akan bekerja. Untuk dapat meng-update Xiaomi Redmi 2 kalian tidak perlu dalam keadaan sudah di ROOT tetapi hanya dibutuhkan sebuah custom recovery seperti CWM atau TWRP recovery. Jika kalian ingin mengembalikan ke ROM semula disarankan untuk melakukan Backup Nandroid/Full Backup menggunakan TWRP atau CWM Recovery (masuk ke bagian backup and restore pada cwm/twrp recovery) dan jika hanya aplikasi dan data saja bisa menggunakan Titanium Backup atau aplikasi sejenisnya yang bisa kalian temukan di Google Play Store.

Dengan adanya tutorial ini Android Gila akan membantu Cara Upgrade Xiaomi Redmi 2 Ke Android 10. Dengan kalian mengikuti dan membaca langkah-langkah ini dengan benar, Android Gila yakin tidak akan ada masalah saat proses install Android 10 di Xiaomi Redmi 2. Ditegaskan kembali sebelum kalian benar-benar melanjutkan tutorial ini untuk melakukan backup data penting kalian terlebih dahulu.

PERINGATAN: SEMUA CUSTOM ROM DAN OFFICIAL FIRMWARE/STOCK ROM, APLIKASI, TOOLS, MODIFIKASI, SERTA UPDATE SOFTWARE ADALAH TANGGUNG JAWAB PEMILIK ATAU PENGEMBANG. ANDROID GILA DISINI HANYA MEMBERIKAN TUTORIALNYA SAJA, DAN ANDROID GILA TIDAK MEMAKSA KAMU MENGIKUTI TUTORIAL INI JIKA TIDAK YAKIN.

Persiapan Upgrade Xiaomi Redmi 2 ke Android 10

  • Download dan Instal driver USB Xiaomi Redmi 2, untuk mentransfer file antara perangkat Android dan komputer.
  • Aktifkan mode USB Debugging pada Xiaomi Redmi 2 untuk menghubungkan perangkat Android dengan komputer dan menggunakan SDK Android. Baca ini : Cara Mengaktifkan Mode USB Debugging Pada Perangkat Android.
  • Tutorial ini mungkin menghapus semua data pada ponsel, backup data yang diarasa penting. Kamu bisa backup menggunakan tools backup yang tersedia di Playstore.
  • Xiaomi Redmi 2 harus memiliki daya baterai minimal 80% atau lebih! Kenapa? Karena apabila ponsel tiba-tiba mati saat proses install Custom ROM, Mods, Root dsb kemungkinan perangkat Android tersebut akan tidak bisa nyala sementara atau selamanya.
  • Xiaomi Redmi 2 harus factory unlocked dan tidak terkunci ke operator tertentu saja. Kenapa? Karena jika perangkat Android terkunci/locked pada operator tertentu kemungkinan kalian akan sia-sia mengikuti tutorial ini. Kecuali Android Gila terakan tutorial ini untuk perangkat Android operator tertentu.

Cara Upgrade Xiaomi Redmi 2 Ke Android 10

Langkah 1 – Pastikan sudah install TWRP Recovery terbaru. Jika belum baca cara install TWRP Recovery.

Langkah 2 – Download Android 10 POSP untuk Xiaomi Redmi 2 dan Google Apps Android 10 (Pilih ARM > Android 10 > Pico).

Langkah 3 – Reboot ke Recovery Mode atau matikan Xiaomi Redmi 2.

Langkah 4 – (Lewati langkah ini jika kalian langsung mereboot ke recovery mode) Yakinkan perangkat dalam keadaan mati kemudian nyalakan dengan menekan tombol Volume UP + Volume DOWN + Power secara bersamaan. Ikuti petunjuk navigasi pada layar untuk masuk ke RECOVERY. Bisa juga dengan cara lain yaitu dengan menggunakan aplikasi Quick Boot atau melalui ADB.

NOTE: JIKA CUSTOM ROM YANG KALIAN GUNAKAN SEKARANG ADALAH ROM YANG SAMA DAN HANYA AKAN MENGUPDATE KE VERSI/TANGGAL ANDROID TERBARU PERHATIKAN PADA LANGKAH KE 5, KALIAN HANYA PERLU MELAKUKAN WIPE CACHE SAJA.

Langkah 5 – Sekarang ponsel berada pada CWM/TWRP Recovery mode, pertama silahkan Wipe System, Wipe Data dan Wipe Cache (ini akan mengembalikan ponsel kepengaturan awal jadi ingat aplikasi yang berada pada internal memory akan hilang).

Langkah 6 – Pilih Install zip from sdcard kemudian choose zip from sdcard. Kemudian arahkan ke file potato_wt88047-10-20200421-croquette.v3.1.7+12.Community.zip yang sudah di download dan disalin ke kartu memori tadi. Pilih menggunakan tombol Power dan mengkonfirmasi instalasi dengan memilih Yes pada layar berikutnya.

Langkah 7 – Proses install berjalan dan tunggu proses selesai.

Langkah 8 – Install aplikasi Google termasuk Google Play Store. Pilih Install zip from sdcard kemudian choose zip from sdcard. Kemudian arahkan ke file open_gapps-arm-10.0-pico-xxx.zip yang sudah di download dan di salin ke kartu memori tadi. Pilih menggunakan tombol Power dan mengkonfirmasi instalasi dengan memilih Yes pada layar berikutnya.

Langkah 9 – Proses install berjalan dan tunggu proses selesai.

Langkah 10 – Sekarang reboot atau restart Xiaomi Redmi 2 dengan kembali ke halaman depan CWM/TWRP Recovery dan pilih Reboot System Now. Tunggu kira-kira 3-7 menit untuk pertama kali boot ke sistem.

Baca juga : HP Android RAM 3GB Paling Murah Terbaru 2020

Cara Upgrade Xiaomi Redmi 2 Ke Android 10 telah selesai. Selamat Xiaomi Redmi 2 kalian sudah berhasil menjalankan Android 10 dari POSP.

Sekian dulu untuk Cara Upgrade Xiaomi Redmi 2 Ke Android 10. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tanyakan lewat kolom komentar dibawah. Android Gila atau bahkan teman-teman yang lain akan bantu menjawab pertanyaan kalian dan menyelesaikan masalah kalian. Ohya, buat kalian yang sudah membaca artikel ini tolong bagikan ke sosial media kalian agar teman-teman kalian juga mengetahui jika ada artikel ini. Siapa tahu mereka juga membutuhkan artikel ini dari kalian. Terima kasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini