Cara Install ClockworkMod Recovery Galaxy Nexus i9250 Android 4.3 Jelly Bean

Androidgila.com – Kali ini adalah pembahasan untuk cara install ClockworkMod Recovery Galaxy Nexus i9250 Android 4.3 Jelly Bean. Untuk apakah ClockwordMod Recovery atau yang sering disebut dengan CWM Recovery ini ? ClockworkMod Recovery atau CWM Recovery ini berfungsi banyak hal seperti melakukan backup dan restore, mengembalikan ke pengeturan awal (Factory Reset), melakukan Root sampai install Custom ROM.

Baik mari kita persiapkan untuk proses install ClockworkMod Recovery Galaxy Nexus i9250 Android 4.3 Jelly Bean dengan menyiapkan bahan-bahan yang akan dijelaskan dibawah.

Cara Install ClockworkMod Recovery Galaxy Nexus i9250 Android 4.3 Jelly Bean

Peringatan : Semua Custom ROM dan Firmware Stock ROM, Aplikasi, tools, modifikasi, serta update software adalah tanggung jawab pemilik atau developer. Android Gila disini hanya memberikan tutorialnya saja, dan Android Gila tidak memaksa kamu mengikuti tutorial ini jika tidak yakin.

Persiapan Install ClockworkMod Recovery Galaxy Nexus i9250

  • Download dan Instal driver USB Galaxy Nexus i9250, untuk mentransfer file antara perangkat Android dan komputer.
  • Aktifkan mode USB Debugging pada Galaxy Nexus i9250 untuk menghubungkan perangkat Android dengan komputer dan menggunakan SDK Android. (Cara Mengaktifkan Mode USB Debugging di Perangkat Android).
  • Tutorial ini mungkin menghapus semua data pada ponsel, backup data yang diarasa penting. Kamu bisa backup menggunakan tools backup yang tersedia di Playstore.
  • Galaxy Nexus i9250 harus memiliki daya baterai di atas 80%.
  • Galaxy Nexus i9250 harus factory unlocked dan tidak terkunci ke operator tertentu saja.

Cara Install ClockworkMod Recovery Galaxy Nexus i9250 Android 4.3 Jelly Bean

Langkah 1 – Download Nexus Root Toolkit dan kemudian install di komputer.

Langkah 2 – Hubungkan PC dan Komputer.

Langkah 3 – Jalankan Nexus Root Toolkit dan klik ‘Launch’ pada ‘Advanced Utilities’.

cara install CWM Recovery dengan Nexus Toolkit

Langkah 4 – Pada ‘Boot/Flash Image’ pilih ‘Flash (Permanent)’ dan pada opsi dibawahnya pilih Recovery.

cara install CWM Recovery dengan Nexus Toolkit Advanced Utilities

Langkah 5 – Maka akan muncul Popup klik ‘OK’ aja. Maka akan muncul Popup baru lagi dimana disini diharuskan kita memilih Custom Recovery apa yang akan di install. Pada tutorial kali adalah cara install ClockworkMod Recovery berati kita pilih ‘Latest CWM’.

recovery flash CWM recovery

News : Nexus Toolkit menyediakan CWM Recovery versi terbaru sehingga ketika kita memilih Latest CWM maka CWM Recovery terbaru yang akan terpasang. Jika kita memiliki file recovery.img sendiri yang sudah kita download bisa memilih ‘Other’ dan temukan file recovery.img pada komputer.

Langkah 6 – Setelah kamu memilih Latest CWM lihatlah Galaxy Nexus kamu, karena ADB sdk akan melakukan cheking dan perizinan mengakses perangkat android. Jika muncul popup pada perangkat android silahkan setujui dengan memilih ‘OK’ maka ADB status akan terkoneksi.

Langkah 7 – Proses install akan berlangsung secara otomatis sehingga Galaxy Nexus kamu akan reboot ke temporary recovery dan di layar komputer (Nexus Toolkit) akan muncul popup supaya kamu mengikuti petunjuknya.

Langkah 8 – Tekan ‘install’ dan arahkan ke /sdcard/!ReadyToFlash/Root_Files.

Langkah 9 – Pilih ‘perm-recovery-signed.zip’ kemudian ‘Swipe to Confirm Flash’.

Langkah 10 – Tunggu proses flashing, cuma beberapa detik biasanya.

Langkah 11 – Jika sudah selesai silahkan tekan ‘Reboot System’.

Cara Install ClockworkMod Recovery di Galaxy Nexus i9250 telah berhasil silahkan baca cara root Android 4.3 Jelly Bean Galaxy Nexus i9250 untuk proses rooting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here