Question Doubt Problem Mark  - Tumisu / Pixabay
Tumisu / Pixabay

Berkembangnya teknologi saat ini sangat berimbas pada perkembangan handphone. Sehingga, baru-baru ini muncul berbagai macam smartphone dengan berbagai keunggulan-keunggulan yang ditawarkan, salah satunya adalah keunggulan pada layar. Saat ini berbagai macam jenis layar bermunculan, seperti Amoled, TFT dan IPS. Semua jenis layar tersebut memiliki perbedaan yang mencolok. Perbedaan Amoled, TFT dan IPS berhubungan erat dengan kualitas gambar yang ditampilkan pada layar.

Perbedaan diantara ketiga jenis layar tersebut, yaitu pada teknologi yang digunakan. Pada layar TFT menggunakan teknologi Active-Matrix Color Display. Teknologi tersebut memberikan transistor pada semua pixelnya, sehingga Anda dapat menghidupkan dan mematikan layar secara otomatis. Layar TFT ini memiliki ketajaman warna yang maksimal dimana warna yang ditampilkan pada layar akan sangat baik dan terlihat halus. Daya baterai yang dibutuhkan oleh layar TFT sangatlah tinggi, sehingga baterai akan mudah lowbat. Namun sayangnya, smartphone yang menggunakan layar TFT memiliki harga yang lebih mahal. 

Perbedaan Amoled, TFT dan IPS adalah dimana layar Amoled menggunakan teknologi Organic light-emitting diode. Teknologi tersebut dapat memberikan layar dengan warna yang cerah dan tajam. Selain itu, Anda dapat melihat layar dengan jelas ketika berada di bawah sinar matahari. Meskipun memiliki ketajaman layar yang baik, namun daya baterai yang dibutuhkan sangat sedikit, sehingga baterai tidak cepat lowbat meskipun digunakan sesering mungkin. Perbedaan Amoled, TFT dan IPS selanjutnya adalah dimana pada layar Ips menggunakan teknologi In-plane switching. Teknologi tersebut memiliki kualitas view single yang sangat baik. Pengguna dapat melihat layar dengan baik meskipun berada dalam kondisi yang ekstrim. Dengan demikian, Anda dapat dengan lebih leluasa menggunakan smartphone meskipun dalam kondisi gelap ataupun dengan intensitas cahaya yang berlebihan. Sayangnya, daya baterai yang dibutuhkan oleh layar ini sangat lah tinggi, sehingga baterai akan cepat lowbat. Dengan semua perbedaan tersebut, tentu saja Anda dapat memilih smartphone dengan tipe layar apa yang paling baik. Sehingga, apa yang Anda pilih tidak menjadi sebuah penyesalan pada diri Anda sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini