meningkatkan peforma hp android
Source : pixabay.com

Cara Meningkatkan Performa Android Tanpa Aplikasi – Indonesia merupakan Negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki jumlah konsumsi smartphone terbanyak. Hampir 7,8 % jumlah konsumsi smartphone di kawasan Asia Tenggara adalah Indonesia. Dengan presentase tersebut, maka hampir 600 juta unit smartphone habis terjual untuk kuartal pertama saja. Melihat jumlah yang fantastis tersebut, maka bisa diartikan bahwa masyarakat Indonesia sangat haus akan teknologi. Namun, ternyata banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak mengerti, dan mengeluhkan smartphone yang dibelinya memiliki performa lamban atau lemot. Dan berikut ini cara meningkatkan performa Android tanpa aplikasi:

Minimalkan Penggunaan Aplikasi

Smartphone berbasis Android memang memiliki kemampuan untuk melakukan multi tasking. Yang dimaksud multi tasking disini ialah smartphone Android mampu untuk membuka lebih dari satu macam aplikasi pada waktu yang bersamaan. Apabila jumlah RAM yang ada cukup besar, maka hal ini tidak akan menjadi masalah, namun apabila RAM yang ada kecil maka bisa membuat performansi menjadi lamban atau lemot. Jadi, alangkah baiknya hanya untuk membuka aplikasi yang benar-benar dibutuhkan saja.

Matikan Data Sinkronisasi

Salah satu fitur khas yang dimiliki oleh smartphone Android adalah sinkronisasi. Perlakukan sinkronisasi ini sangat bermanfaat untuk menyesuaikan alamat email beserta traffic akun, nomor kontak, image, video, dan akun sosial media. Sinkronisasi ini memerlukan waktu dan kapasitas ROM yang cukup besar, sehingga apabila ketersediaan ROM kecil maka performance smartphone akan lambat. Jadi, cara meningkatkan performa Andorid tanpa aplikasi berikutnya matikan jalur sinkronisasi agar performance smartphone Android bisa tetap terjaga.

Matikan Live WallpaperCara meningkatkan performa Android tanpa aplikasi yang berikutnya ialah dengan mematikan live wallpaper. Banyak orang yang menggunakan live wallpaper dengan tujuan untuk lebih mempercantik tampilan dari smartphone Android. Tetapi penggunaan live wallpaper tersebut memerlukan kapasitas RAM yang cukup besar. Dengan seiring waktu, kapasitas RAM akan terus berkurang. Dan dengan semakin berkurangnya kapasitas RAM, maka performa pada smartphone Android akan mengalami penurunan, dan pelambatan atau bahkan bisa sampai terjadi booth loop.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini