Smartphone saat ini sudah menjadi trend terkini dan menjadi barang yang wajib dimiliki. Kepopuleran android tercium dari berbagai aplikasi-aplikasi yang menarik. Di android banyak konten yang disediakan seperti games, aplikasi chatting, pengelola kontak, mesin pencari, dan masih banyak lagi. Semakin pesat pula teknologi di dalamnya, yang membuat smartphone menjadi primadona di kalangan masyarakat dari low prices sampai high prices dengan kulitas yang beragam. Namun, ternyata android tidak menyentuh platform seperti windows 7 dan 8. Nah, di bawah ini merupakan tutorial dalam cara install android di PC, meskipun dengan catatan semua tampilan tidak sama dengan aplikasi di ponsel android.

Cara install android di PC menggunakan Bluestacks

  1. Mendownload aplikasi bluestacks
  • Cara ini tentu saja mengandalkan aplikasi yang ada di windows 7 maupun 8. Untuk mendapatkan aplikasi Bluestacks, yaitu mendownload dari website resminya yaitu bulestacks.com. Install aplikasi bluestacks dan pastikan centang App Store Access dan App Notification.
  • Install aplikasi Bluestacks dan jika sudah selesai anda akan dialihkan pada video yang menceritakan tentang bagaiaman bulestacks bekerja pada PC anda dan beberapa fitur khusus yang ada di Bluestacks. Dalam video ini anda akan disuguhkan informasi yang berguna nantinya, sehingga diusahakan untuk menontonnya sampai habis.
  1. Mencari Aplikasi yang Diinginkan
  • Mulailah mencari, download dan install aplikasi yang kamu inginkan. Ketikan di kotak search.
  • Jika sudah ketemu, klik dan download dari 1mobile dan Getjar. Hal ini bertujuan agar anda tidak perlu sign in ke google play maupun ke amazone.
  • Ketika aplikasi sudah terinstall, carilah aplikasi yang sudah terinstall di menu My Apps.

Dari kelemahan Bluestacks sendiri yaitu tidak bisa memainkan aplikasi yang telah didownload. Hal ini wajar karena Bluestacks akan terus memperbaiki softwarenya. Namun jika ini terjadi terus menerus, anda perlu mengecek spesifikasi hardware komputer PC anda. Bluestacks sendiri membutuhkan dukungan hardware yang besar dengan Processor 1 Ghz atau lebih, mempunyai RAM sebesar 2 GB atau lebih, Free space harddisk sebesar minimum 800 MB, Os Windows XP, Vista, 7 dan 8 dengan jumlah 32 sampai 64 bit. Jika syarat tersebut tidak dapat dipenuhi, biasanya ada progam yang “tidak lengkap” seperti gambar tidak ada, namun, hanya ada suaranya saja. Dalam hal ini anda memerlukan RAM 2 GB agar aplikasi tersebut berjalan normal.

Cara install android di PC intinya tidak susah jika mengikuti prosedur yang sudah ada. Pastikan anda PC anda mempunyai kapasitas yang mumpuni agar PC anda tidak berjalan berat. Semoga dari artikel tersebut dapat membantu anda dalam menginstall android di PC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here