SHARE

Cara Mengatasi HP Yang Mati Karena Terendam Air – Pada saat smartphone terkena atau terendam air, para pengguna tentu akan merasa khawatir serta panik. Maka tak heran mereka justru hanya akan berdiam diri dan resah memikirkan masalh tersebut. Seharusnya HP yang mati akibat teredam air segera diatasi dengan cara apapun itu. Namun yang jelas mengatasinya tergantung berapa lama ponsel tersebut telah terendam di dalam air.

Perlu diketahui jika HP tersebut cukup lama terdam di dalam air, kemungkinkan besar komponen dalam Printed Circuit Board (PCB) yang akan rusak. Bagi anda yang belum tau apa itu PCB, yakni komponen sangat penting mulai dari CPU, RAM dan lain sebagainya. Akan tetapi kerusakan paling ringan biasanya terdapat pada speaker, yakni slot SIM Card dan LCD. Berikut cara tepat mengatasi HP yang mati karena terendam air.

Tips Mudah Mengatasi HP Mati Akibat Terendam Air

1.Segera Ambil HP                                            

Segera ambil HP anda secepat mungkin yang terendam di dalam air. Hal seperti ini dikhawatirkan semakin banyak air yang masuk pada komponen HP anda. Kendati demikian, smartphone dalam keadaa rapat oleh casing, maka tetap saja air akan masuk melalui lubang-lubang kecil, seperti Port USB, Port Charger dan lubang Speaker. Jadi jangan biarkan masalah tersebut terjadi pada HP kesayangan anda.

  1. Fokus Pada LCD

Hal penting lainnya yang harus segera anda selamatkan adalah LCD. Jika anda memang membongkar semua komponen ponsel, pastikan pula anda bersihkan bagian LCD terlebih dahulu. Pasalnya LCD akan sering rusak setelah terkena air, karena file tersebut bersifat sangat lunak yang tidak tahan pada kelembaban air. Apabila dibiarkan terlalu lama akan muncul flek hitam pada LCD.

  1. Lakukan Pengeringan Total

Jangan lupa anda melakukan pengeringan secara total pada semua komponen yang ada di dalam smartphone. Setelah anda keringkan pada bagian LCD, langkah selanjutnya adalah bagian HP lain seperti PCB dengan menggunakan blower, kipas angin, atau juga dengan hair drayer. Namun pada saat mengeringkan PCB dengan hair drayer jangan terlalu dekat atau lama, lantaran udara panas yang dihasilkan akan merusak komponen PCB.

  1. Rendam ke Dalam Beras

Jika cara di atas tidak berhasil, maka selanjutnya caranya ambil toples yakni wadah atau kantong plastik sekiranya cukup untuk wadah HP. Ambil beras secukupnya, masukkan HP dan baterai secara terpisah ke dalam wadah yg berisi beras. Kemudian tutup rapat, pastikan HP dan baterai dalam keadaan terkubur beras. Selepas itu, simpan di dalam lemari minimal 12 Jam atau 24 Jam lebih baik.

  1. Rakit Ponsel Kembali

Selepas anda melakukan cara tersebut, anda tinggal merakit komponen yang dibongkar atau diredam dalam beras. Rakit dengan benar dan hati-hati agar tidak sampai merusak komponen lainya. Apabila sudah selesai dirakit, cobalah dihidupkan kembali agar tidak rusak. Setidaknya HP telah normal kembali dan menyala putih.

Demikan ulasa diatas, jika HP tidak menyala segera ke servis center terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Selamat mencoba.