Android One Evercoss One X Mito Impact Nexian Journey
Android One Evercoss One X Mito Impact Nexian Journey

Android One adalah nama dari perangkat Android terbaru yang diberikan oleh Google. Sang raksasa Google tersebut mengajak produsen smartphone Android lokal untuk bekerjasama dengannya. Jika sebelumnya Google Android One beredar di India, sekarang saatnya untuk masuk ke pasar Indonesia. Google memasukan Android One tidak seperti sodaranya, keluarga Nexus yang sudah di branded sebelum masuk pasar, melainkan Google langsung mengajak produsen smartphone Android lokal untuk memproduksinya di dalam negeri.

Untuk yang pertama kalinya Google bekerjasama dengan produsen lokal Indonesia. Tidak hanya satu produsen saja ternyata, melainkan Google menunjuk beberapa produsen smartphone lokal yakni, Evercoss, Nexian dan Mito.

Android One punya misi yang hampir sama dengan Nexus. Google mengharapkan Android One ini tepat pada pasarnya seperti di Indonesia. Kelebihan Android One adalah dari segi harga yang ramah kantong dan sistem operasinya karena bekerjasama langsung oleh pembuat dan pengembang sistem operasi Android.

Google memilih produsen lokal seperti Evercoss, Nexian dan Mito karena memang mereka produsen lokal yang memiliki segmen pasar menengah. Dengan bekerjasama dengan Evercoss, Nexian dan Mito Google berharap dapat mewujudkan Android One sesuai keinginan dan tujuannya.

Ketiga produsen smartphone Android lokal ini sudah resmi merilis Android One di Indonesia beberapa pekan lalu. Uniknya ketiga produsen tersebut tidak menggunakan nama Android One secara mentah, melainkan menggunakan nama masing-masing yang berbeda. Ketiga Android One tersebut diberinama Evercoss One X, Nexian Journey One dan Mito Impact A10.

Evercoss One X Android One
Evercoss One X Android One

 

Untuk masalah harga, Google dan ketiga produsen lokal Evercoss, Nexian dan Mito telah sepakat Android One akan dibandrol dengan harga tidak lebih dari 1,4 juta rupiah.

Ketiga smartphone Android One yang beredar di Indonesia tentu memiliki banyak kesamaan karena memang menggunakan rancangan dari Google, tetapi ada beberapa perbedaan yang mungkin bisa membuat para konsumen akan jatuh hati ke produsen mana.

Untuk sistem operasinya sendiri Evercoss One X, Nexian Journey One dan Mito Impact A10 sudah menggunakan Android 5.1 Lollipop. Benar adanya Android 5.1 Lollipop menjadi kelebihan tersediri untuk smartphone Android di Indonesia. Karena untuk segmen menengah belum banyak yang menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop.

nexian journey one by spice official
Nexian Journey One

Karena Android One masih saudara dengan Nexus alias anak kandung dari Google, maka para calon pengguna Android One tidak perlu khawatir ketinggalan update OS. Sudah terbukti di Nexus setiap kali ada update Android terbaru merekalah yang akan mendapatkan urutan teratas.

Spesifikasi dan Harga Evercoss One X, Nexian Journey One dan Mito Impact A10

Untuk pemrosesannya sendiri Evercoss One X, Nexian Journey One dan Mito Impact A10 dibekali dengan prosesor MediaTek MT6582 Quad-core 1,3GHz Cortex-A7 dan grafisnya menggunakan GPU Mali 400MP2. Dilengkapi dengan memori RAM sebesar 1 GB dirasa cukup untuk menjalankan aplikasi dan game saat ini.

Mito Impact A10 Android One
Mito Impact A10 Android One

Hanya desain yang sedikit berbeda, untuk layar ketiga smartphone Android One ini sama-sama tertempel layar sebesar 4,5 inch dengan resolusi layar 480×854 pixel.

Kamera utama sudah cukup dengan 5 megapixels, 2592×1944 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama serta untuk merekam video mendapatkan kualitas 720p 30fps dan Kamera depan 2 megapixels. Memori internal 8 GB dan dapat diperbesar jika kapasitas kurang dengan menggunakan memori eksternal hingga 32 GB.

Untuk konektivitasnya Evercoss One X, Nexian Journey One dan Mito Impact A10 sudah menggunakan modem yang kencang yaitu HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi hotspot dan Bluetooth v4.0 with A2DP agar pengiriman lebih cepat.

Agar Ketiga smartphone Android One tersebut dapat menyala, Google memberikan baterai bertipe Li-Ion 1700 mAh.

Harga Android One Evercoss One X, Nexian Journey One & Mito Impact A10

Seperti yang sudah dikatakan, Google telah memberikan arahan agar Android One ini dapat dijual dengan harga dibawah 1,4 juta rupiah. Evercoss One X, Nexian Journey One & Mito Impact A10 menyangkupinya dan berikut daftar harganya.

Evercoss One X dijual dengan harga Rp. 1.388.000

Mito Impact A10 dijual dengan harga Rp. 1.199.000

Nexian Journey One dijual dengan harga Rp. 999.000

Tabel diatas mengatakan Evercoss One adalah ponsel Android One dengan harga paling tinggi.