jenis baterai non removable dan removable pada ponsel

Mungkin kalian pernah mendengar atau bahkan menggunakan baterai non-removable atau removable. Kali ini akan dibahas perbedaan baterai non-removable dan removable pada smartphone.

Perbedaan yang pertama kali nampak pada kedua jenis beterai ini adalah dapat dan mudahnya melepas baterai pada baterai berjenis removable.

Kalian juga bisa membawa baterai cadangan ketika ponsel kehabisan daya. Atau juga baterai rusak bisa dengan mudah mengganti baterainya sendiri.

Seperti jenis baterai pada ponsel biasanya berbahan dasar Lithium Ion atau sering disebut Li-ion. Namun pada sebagian perangkat-perangkat baru sudah menggunakan jenis baterai yang tidak dapat dilepas atau non-removable.

Sebagian besar perangkat dengan model baterai yang tertanam atau non-removable ini berbahan dasar Lithium Polymer atau biasa disebut Li-Po. Model ini diterapkan karena untuk meningkatkan kapasitas baterai yang lebih tinggi, dengan form factor lebih kecil atau lebih tipis.

Dibanding Li-ion, Li-Po bisa dibilang memiliki daya tahan battery cycle yang lebih panjang.

Biasanya baterai Li-ion yang dapat dilepas dengan mudah ini dapat bertahan hingga 1 tahun pemakaian sebelum dirasakannya kemampuan baterai yang menurun. Nah, untuk baterai non-removable mampu bertahan dua kali lipat lebih lama, sebelum kemampuan baterai menurun.

Pada perangkat yang menggunakan baterai non-removable terbilang bebas dalam pengisian daya (charging). Misalkan kapasitas baterai tersisa 46% dan 1 jam lagi pengguna akan pergi dan membawa ponselnya.

Pengguna tidak perlu takut untuk kehabisan baterai. Lebih baik dilakukan charging terlebih dahulu sebelum dibawa pergi karena akan membuat umur baterai lebih lama daripada kehabisan baterai hingga mati.

Lah, kalau baterai non-removable ini rusak bagaimana? Baterai non-removable tetap bisa dilepas, namun dibutuhkan skill untuk melepasnya. Jika tidak mau repot umumnya service center masing-masing merek dapat membantu.

41 COMMENTS

  1. bagus lah,,,kirain baterai non-remove bisa dilepas apabila rusak .
    tapi,pasti dikenai biaya lagi sama service senter nya,?
    apakah butuh waktu lama atau bisa di tunggu di tempat service senter nya..?

      • Biaya bongkar pasang di service center pasti ada. Alternatif lain bisa lihat di youtube biasanya ada tutorial bongkar pasang baterai non-removable untuk masing2 merek dan tipe. (bagi yang mau coba bongkar pasang sendiri).

  2. Kalo pengisian baterai non-removable nya terlalu lama, bisa merusak baterai apa nggak ya? Punyaku zenfone5 udah dua kali aku charge sampai 5 jam. Karena ketiduran.. hehe
    Mohon penerangannya ya.. 🙂

    Bisa contact aku di 085701318582. Ato 53AD74D8

    • Gak ngaruh. Karena ketika baterai penuh proses charging akan berhenti sendiri.. pegang aja adapter waktu charging dan waktu baterai penuh, biasanya kalo sudah penuh akan dingin karena sdh tidak kerja.

  3. Pengen bgt beli samsung galaxy A3 nih cuma mikirin batrenya non removable tolong saran nya dong buat pilih mna yaa samsung galaxy grand prime dan samsung galaxy A3 bisa invite 2ab9e15f

    • enteh kenapa masih banyak yang takut pakai baterai non-removable.
      Untuk pilih mana antara galaxy grand prime dengan galaxy A3, spek beda tipis tergantung kebutuhan aja.

      grand prime unggul di layar 5 inch dan baterai 2600, galaxy A3 walau layar 4,5 inch tapi punya memori RAM yang lebih besar yaitu 1,5GB dibanding grand prime 1GB.

  4. Saya tertarik dengan ASUS Pegasus X002,ada yang tau kelebihan dan kekurangannya gag?terus pake batre removable kan?

  5. non removable kekurangannya :

    1. Kalo lg hang repot
    2. Mau ganti batere bergantung sama SC, biaya lagi buat ngebongkar.

    3. Nyari batere Compatiblenya rada susah, biasanya smartphone kalo udah bbrp tahun nyari baterenya ribet, malah ada yang ga produksi lagi.

    kalo gw pribadi, pilih removable battery deh.

    • Klo gaptek, pasti klo hang cabut batre. Pdhl klo cabut batre akan mmbuat sistem dimatikan scr paksa.
      Harusnya tahan tombol power aja selama 20 detik, nanti HP akan mati sendiri.

  6. kalau samsung E7 bagus gak?? boleh kasi plus minusnya? sebelumnya si ada baca spesifikasinya.. tapi masih bgg.. soalnya batre non-removable takutnya cepet rusak di hp soalnya saya suka main game.. hehe ^^

    • tergantung mbak dilihat dari mananya terlebih dahulu..tetapi kalo dibandingkan dengan kebanyakan smartphone Samsung Galaxy S6 Edge memiliki fitur diatas rata-rata 🙂

  7. jawab dong.. soalnya mau beli samsung s6 edge takutnya ada kekurangan yang jelek, sy juga ingin pkai main game sih ^_^

    • Iya, jd agak ragu ama yg non removable.
      Pdhl lg trtarik ma xiaomi redmi note 4 snapdragon. Hybrid sih g masalah, tp batre non removable (?) Emg sih batrenya lbh tahan lama, sblum hrus ke service center nya buat ganti. Tp klo kejebur air, kn bahaya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here