mengaktifkan developer options dan advanced reboot

Dengan menggunakan custom ROM banyak sekali fitur-fitur yang ditambahkan tanpa membebani ponsel itu sendiri. Berbeda dengan fitur dan aplikasi yang dibawa ponsel ketika rilis dari pabrik.

Sebagian orang mungkin masih ada yang mengira bahwa ponsel Android yang menggunakan custom ROM adalah ponsel kelas bawah yang sudah tidak didukung secara resmi oleh perusahaan ponsel itu. Padahal ketika merasakan custom ROM yang stabil akan terasa tidak lebih buruk ketimbang stock ROM/firmware resmi. Salah satu fitur sederhana yang akan dibahas disini adalah Advanced Reboot.

Android Gila akan berbagi cara mengaktifkan reboot system (ini yang biasa), reboot recovery (reboot masuk ke recovery) dan reboot bootloader (reboot masuk ke bootloader).

Secara default fitur ini masih belum aktif, sehingga bisa diaktifkan secara manual untuk menikmati fitur Adcanced Reboot. Setiap artikel di Android Gila sebelumnya juga menyarankan menggunakan aplikasi pihak ketiga dari Google Play Store untuk mereboot ponsel ke recovery yang diberinama QuickBoot. Aplikasi tersebut sama persis fungsinya namun dibutuhkan akses root terlebih dahulu. Nah, untuk customROM bisa dengan mengaktifkan fitur Advanced Reboot saja sudah mendapatkan ketiga pilihan reboot tersebut.

Cara Mengaktifkan Reboot Recovery, Bootloader (Advanced Reboot)

Langkah 1 – Masuk “Settings” -> “Developer options”.

Kok “Developer Options” tidak ada? Secara default developer options memang di matikan, silahkan baca artikel “Cara Menampilkan Developer Options” untuk menampilkan “Developer Options”.

Langah 2 – Beri tanda “Centang/Checklist” pada “Advanced reboot”.

enable advanced reboot androidoption reboot power androidreboot recovery bootloader android

Selesai sudah cara mengaktifkan Reboot Recovery, Bootloader (Advanced Reboot), mudahkan?? Sekarang cek apakah fitur Advanced reboot telah aktif. Caranya tahan tombol power hingga muncul options, pilih “Reboot”, nanti akan muncul 3 pilihan Reboot, Recovery dan Bootloader.