Galaxy Ace 2 I8160

Sebagian orang mencari cara mengembalikan Galaxy Ace 2 i8160 ke Android 2.3 Gingerbread, sebagai versi Android yang diberikan dari pabrik. Sebelum sesaat Samsung merilis Android 4.1.2 Jelly Bean untuk Galaxy Ace 2 i8160 yang dapat kalian baca tutorialnya disini.

Beberapa orang yang telah melakukan upgrade Galaxy Ace 2 i8160 ke Android 4.1.2 Jelly Bean merasakan proses yang lambat pada ponselnya. Sebenarnya itu hal yang biasa terjadi pada beberapa ponsel Android upgradable, karena terbiasa dengan versi Android lama yang kencang digantikan dengan versi Android baru yang kaya fitur dan bloatware.

Karena itu Android Gila ingin berbagi tips dan cara mengembalikan Galaxy Ace 2 i8160 kalian ke Android 2.3 Gingerbread. Jika kalian akan terus membaca, tutorial cara mengembalikan Galaxy Ace 2 ke Android 2.3 Gingerbread ini akan menggunakan Odin. Jangan lupa untuk melakukan backup data penting kalian sebelum memulai proses update karena masalah bisa terjadi kapan saja internal memori akan terhapus.

Galaxy Ace 2 I8160

Peringatan : Semua custom ROM dan official firmware/stock ROM, aplikasi, tweaks, modifikasi, serta update software adalah tanggung jawab pemilik atau pengembang. Android Gila disini hanya memberikan tutorialnya saja, dan Android Gila tidak memaksa kamu mengikuti tutorial ini jika tidak yakin.

Keterangan Firmware I8160DXMA1 Android 2.3.6 Gingerbread :

Model: GT-I8160

Country: Indonesia

Version: Android 2.3.6

Build date: Thu, 01 Jan 2013

Product Code: XSE

PDA: I8160DXMA1

CSC: I8160OLBMA1

MODEM: I8160DXMA1

DOWNLOAD: Terafile, mirror: Rapidgator

Persiapan Cara Mengembalikan Galaxy Ace 2 Ke Android 2.3 Gingerbread

  • Download dan Instal driver USB Samsung Galaxy Ace 2 I8160, untuk mentransfer file antara perangkat Android dan komputer.
  • Aktifkan mode USB Debugging pada Galaxy Ace 2 I8160 untuk menghubungkan perangkat Android dengan komputer dan menggunakan SDK Android. Baca ini : Cara Mengaktifkan Mode USB Debugging Pada Perangkat Android.
  • Tutorial ini mungkin menghapus semua data pada ponsel, backup data yang diarasa penting. Kamu bisa backup menggunakan tools backup yang tersedia di Playstore.
  • Galaxy Ace 2 I8160 harus memiliki daya baterai minimal 80% atau lebih! Kenapa? Karena apabila ponsel tiba-tiba mati saat proses install Custom ROM, Mods, Root dsb kemungkinan perangkat Android tersebut akan tidak bisa nyala sementara atau selamanya.
  • Galaxy Ace 2 I8160 harus factory unlocked dan tidak terkunci ke operator tertentu saja. Kenapa? Karena jika perangkat Android terkunci/locked pada operator tertentu kemungkinan kalian akan sia-sia mengikuti tutorial ini. Kecuali Android Gila terakan tutorial ini untuk perangkat Android operator tertentu.

Hanya mengingatkan :

  • I8160DXMA1 adalah firmware official dari Samsung, bukan firmware modifikasi ataupun custom ROM dan hanya berjalan untuk Samsung Galaxy Ace 2 I8160.
  • Cara mengembalikan Galaxy Ace 2 I8160 ke Android 2.3 Gingerbread ini akan menghilangkan hak akses root. Sehingga kalian harus melakukan root ulang setelah proses selesai (optional), dengan membaca cara root Galaxy Ace 2 I8160 Ke Android 2.3 Gingerbread.
  • Dan pastikan kalian sudah membackup seluruh data penting kalian sebelum proses berjalan.

Cara Mengembalikan Galaxy Ace 2 I8160 Ke Android 2.3 Gingerbread

Langkah 1 – Download Firmware resmi I8160DXMA1 Android 2.3 Gingerbread di atas untuk Galaxy Ace 2 I8160 ke komputer, lalu extract. 

Langkah 2 – Download ODIN v3.09 untuk membantu proses install pada Galaxy Ace 2 I8160, jangan lupa extract hasil download kalian.

Langkah 3 – Matikan Galaxy Ace 2 i8160 dan masuk ke Mode Download dengan menekan dan menahan Tombol Home + Power + Volume Down bersamaan. Kemudian tekan tombol Volume  UP untuk terus masuk ke Mode Download.

langkah 4 – Jalankan Odin Multi Downloader pada komputer.

Langkah 5 – Colokkan kabel USB pada Galaxy Ace 2 I8160 kalian untuk menghubungkannya dengan komputer. Sebuah pesan dengan bertuliskan “Added” akan tampil di bawah kotak pesan Odin. Kalian juga harus melihat COM port dengan nomor dibagian yang berwarna kuning jika perangkat berhasil tersambung.

Catatan : Jika Anda tidak melihat pesan “Added”, kemudian coba port USB lain. Jika itu masih tetap sama silahkan instal lulang driver USB.

Langkah 6 – Sekarang pilih file yang ada untuk flash / install di ponsel kamu. File-file ini dapat ditemukan dari file diekstrak pada Langkah 1.

  • Klik “PDA” dan memilih file dengan nama “CODE” atau “HOME” (berekstensi tar.md5/tar).
  • Klik pada “Phone” dan memilih file dengan nama “MODEM”. Abaikan langkah ini jika tidak ada file tersebut.
  • Klik pada “CSC” dan memilih file dengan nama “CSC”. Abaikan langkah ini jika tidak ada file tersebut.
  • Klik pada “PIT” dan pilih file .pit. Abaikan langkah ini jika tidak ada file tersebut.

Langkah 7 – Di Odin, centang Auto Reboot dan F. Reset Time. Adapun pilihan Re-Partition, centang jika kalian memilih file .pit.

Langkah 8 – Klik tombol “Start” di Odin untuk memulai instalasi.

Langkah 9 – Setelah proses instalasi selesai, kalian akan melihat pesan “Pass” dengan latar belakang hijau di kotak paling kiri di bagian atas Odin. Galaxy Ace 2 I8160 kalian akan secara otomatis reboot dan akan segera bisa melihat logo Samsung. Kalian bisa dengan aman mencabut kabel USB dari Galaxy Ace 2 I8160 untuk melepaskannya dari komputer.

Catatan : Jika Galaxy Ace 2 I8160 terjebak di booting animasi (setelah langkah-9) silakan masuk ke recovery mode dan melakukan langkah tambahan dengan memilih wipe data/factory reset, wipe cache partition dan kemudian pilih “System Reboot now”.

Klik LIKE atau +1 apabila kalian merasa terbantu!

Selesai sudah cara mengembalikan Galaxy Ace 2 i8160 Ke Android 2.3 Gingerbread dan sekarang Galaxy Ace 2 I8160 kalian sudah berhasil dikembalikan ke Android 2.3 Gingerbread. Untuk mengeceknya silahkan masuk Settings > About phone.

23 COMMENTS

  1. Yang komplit dong kalo ngasih tutorial, ini cara split onepackage nya gimana. Ga ada CSC, Phone, dsb abis diekstrak.

    • ini udh komplit koq…yg paling penting firmware nya.
      dibaca dulu bener2 gan. ane anggap agan udh pernah ngemodip HH agan,
      berarti harusnya udh dibaca duluan gimana cara kembali ke stock rom.
      yang paling penting file tar.md5 ….selaen itu hanya dipake klo :
      1. HH agan nge-brick aga parah/bahkan parah
      2. HH agan kw ato supercopy de el el…sehingga isinya bukan standar pabrikan jd driver2nya kudu di flash lagi

      ngeflash samsung lebih mudah dan gak ribet dibanding LENOVO…stok rom lenovo sedikit gan. belom lagi pas ngeflash kudu nyabut batre. yg bikin ribet ngeflash pake ODIN adalah…ODINnya suka error!

  2. kok fimwarenya saya ekstrak isinya cuman I8160DXMA1_I8160OLBMA1_HOME.tar.md5 sama SS_DL.dll ? , gak ada tuh PIT, CSC,PHONE

    • Kan sudah ada tulisannya di atas, Abaikan langkah ini jika tidak ada file tersebut. Coba baca lagi langkah 6. File pit terpisah sama firmwarenya.

  3. suda saya coba..tapi setela selesai dan restart berhenti di tulisan samsung…waktu mau di wipe data tidak bisa masuk…tlg pencerahnya uda psing ne

  4. gan gmana nih hp sy kok ndk bisa masuk mod recovery sama lama terjebak di animasi samsung galaxy ace 2? mohon pertolongannya

  5. Wadoo…koq isinya pada teriak2 ya?? 😀
    Gimana kalo dah kena HBrick ato kena Sam-ratul Maut?….heheheee
    Prepare…Teliti…Hati-hati….. Pasti Smile-done koq…. peace 😉

  6. Pas ane mau download filenya,, kok extensi nya brubah jd .exe sh gan..?
    Bkannya extensi nya .zip,, trus ukuran filenya cm 4 mb..
    Gmn tuh gan,, ane pke browser..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here