Cara Mengetahui Apakah Ponsel Android Sudah di Root atau Belum

Pretty Posts

By -

Melakukan root pada perangkat Android adalah keputusan yang membingungkan sebelumnya, namun banyak juga dari mereka termasuk kalian yang melakukan root pada perangkat Android miliknya. Setelah melakukan root kalian juga harus tahu cara mengetahui apakah ponsel Android sudah di root atau belum.

Apakah ponsel Android saya sudah di root ? Mari kita bahas bersama cara mengetahui apakah ponsel Android sudah di root atau belum.

Cara Mengetahui Apakah Ponsel Android Sudah di Root atau Belum

Cara mengetahui apakah ponsel android sudah di root atau belum ini sangat mudah sekali dilakukan. Kalian tinggal mengikuti beberapa step singkat dibawah ini untuk memverifikasinya menggunakan aplikasi Root Checker.

Langkah 1 - Download Root Checker dari Google Play Store dan kemudian install di ponsel kalian.

Langkah 2 - Buka aplikasi Root Checker.

Root Checker

Langkah 3 - Pilih “Agree” untuk menyetujui dan menlanjutkan ke langkah berikutnya.

Root Checker Verfiy

Langkah 4 - Pilih pada “Verify Root Access” untuk mulai memverifikasi apakah ponsel kalian sudah di root atau belum.

Langkah 5 - Tunggu hingga aplikasi “Root Checker” ini selesai melakukan verifikasi atau pengecekan. Jika muncul popup pilih “Grant/Allow”

Root Checker Samsung Galaxy Nexus

Langkah 6 - Dan ini adalah hasil dari aplikasi “Root Checker”.

Hasil Root Checker

Jika semua langkah telah dilewati berati kalian sudah tahu cara mengetahui apakah ponsel android sudah di root atau belum. Dengan melihat hasil dari aplikasi “Root Checker” tersebut apakah hasil di ponsel kalian sama dengan hasil diatas? Jika iya berati ponsel kalian sudah di root.

  • Aarix

    Oke, master. Saya sudah check samsung galaxy tab3 8.0 milik saya dan hasilnya persis seperti screenshot. Berarti device saya sudah berhasil diroot. Cuman ada pertanyaan lagi nih gan. Mengenai pemindahan file menggunakan aplikasi “droidsail app2SD” yang gagal seperti saya terangkan di atas, serta ganti font yang juga tidak berhasil. Untuk pemindahan file terdapat respons device harus diroot dan aktif debuging, kurang lebih seperti itu.
    Nah, kalau penggantian font, sebenarnya sudah berhasil. Tapi itu melalui aplikasi font switcher. Sedangkan kalau saya coba dari pengaturan difault, tidak semua font yang ada di daftar bisa saya apply. Sepertinya hanya font bawaan device saja yang bisa. Responsnya seperti ini kira-kira, font unavailable.
    Jadi apa kira-kira masalahnya ya? Bukankah setelah rooting akan memungkinkan lebih banyak lagi aktivitas yang sebelumnya terbatas! Mohon penerahannya lagi gan.

    • http://www.androidgila.com Amri

      Saya coba jawab semampu saya ya, sambil nunggu teman-teman yang lain datang bantu.

      Jawaban untuk masalah font dulu… Itu font gak bisa diganti setelah rooted atau sebelumnya juga gak bisa?

      Untuk Droidsail app2sd belum pernah coba juga (kebiasaan pake yang gak ada external memory jadi gak tau). Udah coba pake App2sd yang lain? Misal Link2SD ?

  • trindhol

    Firmwarenya region mana mas aarix??

  • Aarix

    @trindhol Untuk tau dari mana firmware regionnya caranya gmana ya?
    @Amri Kesampingkan dulu masalah pemindahan file. Stelah sy baca petunjuknya sepertinya hanya masalah versi saja. Kalau masalah font meman dari sebelum rooted dan sesudah tetap sama.

    • trindhol

      setting>about device

    • http://www.androidgila.com Amri

      Oke. Saya sarankan selalu pake versi yang terbaru aja buat aplikasi. Dan kalo perlu silahkan coba app2sd yang lain yang dirasa cocok.

      Kalo masalah font harusnya gak ada masalah dong. Kalo dari awal udah error mungkin harus di wipe data/factory reset. Kalo masih sama mungkin harus di cek region mana punya mas arix? Bisa coba flash untuk region atau baseband yang lain.

  • Aarix

    Waduu,, maaf bos-bos @Amri & @trindhol! Saya buka setting-about device koq ga ktemu firmware ya! Haduu…. Dasar gaptek. Hahaaa…

    • http://www.androidgila.com Amri

      Lihat di bagian Baseband versionnya apa?

  • Aarix

    Atau mgkin ini, Baseband Version yg dimaksud? Kalau itu kterangannya, T311DXUAMGI.
    Gimana, betulkah bos @Amri & @trindhol? Kl bnar, monggo dilanjut pencerahannya.. Hheee…

    • http://www.androidgila.com Amri

      Itu masih android 4.1.2 ya? Barusan ngecek malah gak ada baseband version itu.. Saya malah nemu T311XWUAMG2 Android 4.2.2 Jelly Bean.

      Dan saya sudah tanya-tanya sama mas @trindhol yang juga pengguna galaxy tab 3 katanya gak pernah ada masalah sama penggantian font.

      Untuk mengatasi itu sepertinya harus di wipe data/factory reset. Tapi sebelum itu harus udah backup data penting dulu, karena akan menghapus seisi TABmu (kecuali internal memory, kalo wipe memory tidak di lakukan).

  • Aarix

    Seprtinya memang saya salah ketik. Jadi huruf I di belakang itu ternyata angka 1. (T311DXUAMG1) Itu yang benar. Dan OSnya juga 4.2.2 jelly bean koq. Gadgetnta sndiri baru release prtengahan juli kmaren. Smua tentang spesifikassi terpampang nyata di aplikasi Antutu Benchmark. Bgitu bos… Bisa si, ganti font, cuman fontnya yg bawaan saja. Kalau font yg baru download bisa diaplikasikan melalui font switcher.

    • http://www.androidgila.com Amri

      Rilisnya sama sekitaran bulan juli awal tapi kok kodenya beda ya. hehe… Cek aja sendiri mas di http://samsung-updates.com/device/?id=SM-T311

      Kode region untuk Indonesia ‘XSE’ biar gampang pake CTRL+F aja lewat browser di komputer.

  • Aarix

    Saya coba masuk tadi bro. Kode yg bro sebutin itu kan versi WIFI ya bro. Di situ gak saya ktemuin versi 3G wifi. Cara cari yg versi trsebut, misalnya? Saya dari opera browser bro.

  • ozzycl82

    Mantap Infonya, keep update gan

  • ATX21

    Gan kalo yang muncul di Root Checker
    “This Device does not have proper root access”
    ini artinya belum di root yah gan?

    • http://kentos.web.id/ Amri

      Iya belum itu.