SHARE
xiaomi ori vs fake

Seperti yang kita ketahui, Xiaomi merupakan salah satu Smartphone besutan China yang laris manis di pasar internasional. Popularitas Xiaomi sebagai Smartphone terjangkau dengan beragam fitur pun mulai dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarkat Indonesia. Oleh sebab itu, tak heran jika Xiaomi menjadi salah satu vendor Smartphone yang digadang- gadangkan keberadaannya sebagai Smartphone high quality namun dibanderol dengan harga kurang dari 2 juta. Namun, seiring dengan semakin pesat nya popularistas Smartphone ini, Anda mungkin bisa terkecoh dengan produk Xiaomi palsu. Berhati- hatilah. Lantas bagaimana cara membedakan xiaomi asli dan palsu?

Langkah Preventif

Untuk menghindari Anda dari produk Xiaomi palsu, alangkah baiknya jika Anda melakukan langkah- langkah preventif yakni dengan melakukan upaya pembelian Smartphone tersebut pada galeri- galeri resminya. Beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi untuk mendapatkan Xiaomi asli diantaranya officially Xiaomi center di www. Mi. Com, Xiaomi Tmall Store, Communication Carriers di China dan Singapura sedangkan jika di Indonesia Anda bisa kunjungi Erajaya dan TAM.

Cek Fisik

Cara membedakan xiaomi asli dan palsu selanjutnya adalah dengan cara cek fisik. Xiaomi palsu umumnya memiliki ciri- ciri sebagai berikut yakni back-case yang sedikit ngeblur, tidak adanya sertifikat replacement dan garansi, ujung box terlihat kurang tajam, tidak adanya kode kemanan, layar booting hitam dan buku garansi terlihat murahan ( kertas hanya dengan kualitas yang buruk / murahan ). Berbeda dengan produk Xiaomi yang original yakni dilengkapi dengan buku garansi yang tebal dan panjang, buku cara penggunaan, dan Imei nya tembus.

Untuk memastikan produk Xiaomi yang Anda beli adalah original, Anda bisa secara langsung mengecek catatan pembelian melalui http://order.xiaomi.com/service/imei. Periksa dan uji kode IMEI dan kode S/N. Lakukan vervikasi VIP di http://bbs.xiaomi.cn

Cek ROM MIUI

Kemudian langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan sebagai cara membedakan xiaomi asli dan palsu adalah dengan mengecek ROM MIUI.  Caranya cukup mudah, cukup cek about phone pada tablet atau Smartphone Xiaomi Anda. Cek pada bagian Setting > About Phone. Cermati kode nya, untuk Xiaomi  yang original umumnya diawali dengan MUI – blabla babla.

Google PlayStore

Jika pada kebanyakan Smartphone atau tablet Android dilengkapi dengan Google Playstore, lain halnya dengan Xiaomi palsu atau “fake”.  Umumnya Google play pada Xiaomi palsu tidak ada ataupun jika ada tidak akan berfungsi (tidak dapat dibuka).  Ciri yang lain biasanya bisa dilihat pada harga yang relatif lebih murah dari kebanyakan harga Xiaomi di pasaran, meski tidak menutup kemungkinan jika produk fake tersebut juga dibanderol denga n harga yang serupa dengan yang versi original. Oleh sebab itu cermatilah sebelum  Anda membeli nya.