SHARE
Samsung asli dan palsu fake supercopy

Beredarnya ponsel- ponsel ‘fake’ atau ponsel palsu di kalangan pengguna ponsel tentu akan semakin meresahkan banyak orang. Tak heran banyak sekali produsen nakal yang mencoba meniru bentuk ponsel yang sudah ada dan dijual dengan harga yang lebih murah. Meski memiliki Imei dan identitas yang berbeda dari aslinya, namun dengan tangan- tangan orang iseng, ponsel ‘Fake’yang semula memang terlihat berbeda dari aslinya (ponsel yang ditiru), bisa menjadi sama persis dan bahkan sukar dibedakan. Hal ini sering kali terjadi pada ponsel Samsung. Mulai dari Samsung Note, Samsung galaxy dan pada Samsung S series sering kali mengecoh masyarakat. Lantas bagainmana cara membedakan samsung asli dan palsu?.

Harga

Hal pertama yang membedakan antara Samsung asli dan palsu adalah terletak pada harganya. Samsung galaxy fake atau replika umumnya memiliki harga yang terpaut jauh jika dibandingkan dengan harga Samsung original. Sebagai contohnya jika Samsung Note 4 asli atau original dijual dengan harga 8 jutaan, maka dalam kurun waktu yang sama, Samsung replika akan diburu dengan harga yang jauh lebih murah yakni hanya berkisar 2 hingga 3 jutaan.

Jarak Tombol Home Dengan LCD

Cara membedakan samsung asli dan palsu selanjutnya adalah dengan mengenali perbedaan jarak tombol Home dengan LCD. Umumnya  jarak atau space antar tombol HOME dengan menu LCD pada samsung galaxy original akan lebih dekat jika dibandingkan dengan jarak tombol home ke LCD yang ada pada samsung galaxy replika/ palsu.

Kondisi Fisik  Saat Membeli

Jika dicermati, kondisi fisik antar keduanya pun berbeda. Smartphone Samsung yang asli dikelilingi wrapping plastik dengan logo Samsung yang cukup jelas (dengan catatan kondisi HP sebelum dibuka masih dalam keadaan tersegel dan utuh).  Berbeda dengan  samsung galaxy replika atau supercopy yang tidak dilengkapi dengan logo.

Memastikan Nomor IMEI

Hal lain yang dapat Anda gunakan untuk membedakan Samsung asli dan palsu adalah dengan melihat nomor IMEI nya. Pastikan bahwa nomor IMEI yang ada di dalam mesin dengan nomor IMEI yang ada pada kardus dusbuk nya serupa.  Untuk melakukannya, Anda bisa menekan angka *#06# pada menu panggilan.  Nah, apabila nomor imei tidak juga muncul atau berbeda dengan yang ada pada dusbooknya  dapat dipastikan bahwa Samsung yang Anda beli adalah tiruan atau fake.

Cek Software

Jika Anda teliti, cara membedakan samsung asli dan palsu juga bisa dilihat dari software yang ada di dalamnya.  Pada saat Anda mengecek Smartphone tersebut sebelum proses pembelian, cobalah untuk menyambungkannya ke WiFi dan downloadlah aplikasi Genunine Galaxy. Setelah Anda menginstallnya, Anda akan tahu identitas Smartphone tersebut, apakah original atau supercopy.